Tips Ampuh Mengatasi Stitch Saat Berlari

Dwi Septhia

Saat menempuh jarak panjang di trek lari, Stitch atau kram sisi sering menjadi hambatan yang menjengkelkan. Tapi chill out, kita punya trik andalan untuk mengatasinya!

Nyaman dan Tenang: Kunci Pertama

Stitch adalah buah dari otot diafragma yang berkontraksi. Kenapa diafragma ikut berkontraksi? Nah, orang-orang cerdas bilang ini terjadi ketika konsentrasi oksigen dalam darah menurun drastis. Maka dari itu, trik pertama yang paling ampuh adalah jangan sampai tubuh kamu kekurangan oksigen.

Resapi udara sebanyak-banyaknya saat berlari. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan. Percayalah, dengan melakukan hal ini stitch bisa lebih cepat menghilang.

Pola Bernapas: Inilah Rahasianya

Bernapas dengan pola 3:2 bisa jadi cara ampuh lainnya untuk mencegah stitch. Pola 3:2 artinya menghirup udara selama tiga langkah lari dan mengeluarkan nafas selama dua langkah. Dengan pola bernapas ini kamu dapat memastikan tubuh kamu mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Dwi Septhia

Hai saya Dwi Septhia, individu multifaset dengan hasrat untuk menjelajahi dunia dengan berlari, tetap aktif, dan menikmati pengalaman olahraga. Pelajari lebih lanjut tentang dia di blognya.

Tags

Share:

Related Post