Tips Ampuh Mengatasi Stitch Saat Berlari

Dwi Septhia

Saat menempuh jarak panjang di trek lari, Stitch atau kram sisi sering menjadi hambatan yang menjengkelkan. Tapi chill out, kita punya trik andalan untuk mengatasinya!

Nyaman dan Tenang: Kunci Pertama

Stitch adalah buah dari otot diafragma yang berkontraksi. Kenapa diafragma ikut berkontraksi? Nah, orang-orang cerdas bilang ini terjadi ketika konsentrasi oksigen dalam darah menurun drastis. Maka dari itu, trik pertama yang paling ampuh adalah jangan sampai tubuh kamu kekurangan oksigen.

Resapi udara sebanyak-banyaknya saat berlari. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan. Percayalah, dengan melakukan hal ini stitch bisa lebih cepat menghilang.

Pola Bernapas: Inilah Rahasianya

Bernapas dengan pola 3:2 bisa jadi cara ampuh lainnya untuk mencegah stitch. Pola 3:2 artinya menghirup udara selama tiga langkah lari dan mengeluarkan nafas selama dua langkah. Dengan pola bernapas ini kamu dapat memastikan tubuh kamu mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Percaya atau tidak, cara bernapas saat berlari ini memiliki efek nyata dalam mencegah stitch!

Pemanasan: Langkah Preventif Stitch

Kamu mungkin sering mendengar betapa pentingnya pemanasan sebelum berolahraga. Nah, dalam konteks ini, melakukan pemanasan yang cukup sebelum berlari dapat membantu mencegah stitch. Mengapa? Karena selama proses pemanasan, seluruh tubuh dan organ-organ penting lainnya mendapat waktu yang cukup untuk bersiap menghadapi olahraga intensif.

Ketika tubuh sudah terbiasa bertempur dalam kondisi yang extrem, maka kemungkinan mendapatkan stitch saat lari bisa ditekan seminimal mungkin.

Jadi, jangan pernah remehkan pemanasan ya!

Menjaga Pola Makan: Nutrisi yang Tepat

Pola makan juga berpengaruh besar terhadap timbulnya stitch. Makanan berat dan minuman berkarbonasi adalah dua hal yang harus kamu hindari sebelum berlari. Kenapa? Karena keduanya bisa membuat perutmu merasa tidak nyaman dan memicu kontraksi pada diafragma.

Oleh karena itu, gunakanlah nutrisi olahraga yang tepat agar perutmu tidak merasa kenyang atau kosong saat berlari. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari stitch.

Konklusi: Stitch vs Larian Anda

Jadi teman-teman runners sekalian, jika kalian ingin membebaskan diri dari jerkitan stitch saat lomba marathon atau lari pagi biasa, siapkan senjata ampuh kalian: bernafas dengan benar, melakukan pemanasan secara rutin dan menjaga pola makan. Jika semua ini sudah kamu lakukan, stitch hanya akan menjadi bayangan belaka.

Selamat berlari dan sampai jumpa di trek!

Dwi Septhia

Hai saya Dwi Septhia, individu multifaset dengan hasrat untuk menjelajahi dunia dengan berlari, tetap aktif, dan menikmati pengalaman olahraga. Pelajari lebih lanjut tentang dia di blognya.

Tags

Share:

Related Post